Tuesday 27 July 2010

Our Identity,,guys^^

10 aspek Kepribadian Islam


1. Bersih Akidahnya ( Salim Al-Aqidah)

Setiap muslim harus memiliki kebersihan akidah. Jauh dari kesyirikan atau praktek – praktek menyekutukan Allah.

2. Lurus Ibadahnya ( Shahih Al-Ibadah)

Setiap muslim dituntut untuk beribadah sesuai dengan tuntunan syariat.

3. Bagus akhlaknya (Matin Al-Khuluq)

Seorang muslimah harus memiliki kebaikan akhlak atau tingkah laku. Karena tingkah laku itu cermin kepribadian seseorang, JUga tingkah laku merefleksikan tingkat keimanan seseorang.

4. Memiliki life-skill (Qadir ‘ala Al-Kasb)

Cewek muslimah mesti bisa nunjukin potensi dan kreativitasnya kepada masyarakat. Dengan itulah eksistisi dirinya bakal diakui oleh orang di sekitarnya.

5. Luas wawasan berfikirnya (Mutsaqaf Al-Fikr)

Nggak boleh tulalit alias telmi adalah salah satu ciri cewek muslimah. Ia harus memanfaatkan waktunya guna terus meningkatkan wawasannya.

6. Kuat fisiknya (Qawiy Al-Jism)

Yang namanya kuat fisiknya itu cewek juga perlu loh. Jangan mau kalah ama cowok. Banyak cara loh agar cewek memiliki kekuatan fisik, salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin.

7. Mengendalikan hawa nafsu (Mujahid Linafsih)

Seorang cewek apalagi pada masa – masa puber, dituntut untuk mampu mengendalikan hawa nafsu. Ibadah dan amal shaleh bakal membantu kamu agar mampu menahan hawa nafsu yang bergolak.

8. Disiplin dan teratur (Munazham fi Syu’unih)

Ingat Gals, perjalanan kamu masih panjang. Agar kamu bisa melewati perjalanan panjang itu, maka tugas – tugas harus kamu kerjakan secara disiplin dan teratur. Kalo kamu mampu membuat keteraturan dalam hidup kamu, percaya deh, masa depanmu bakal cerah. Insya Allah.

9. Menghargai waktu (Haris ‘ala Waqtihi)

Mumpung masih muda, gunakan waktu secara cermat untuk mempersiapkan masa depan. Jangan terlalu boros terhadap waktu, kamu akan menyesal nanti. Gunakan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat. Jadi jangan banyak menghabiskan waktu untuk hal – hal yang tidak bermanfaat ya..

10. Bermanfaat bagi orang lain (Nafi’li ghairih)

Jadikanlah dirimu selalu memberikan manfaat bagi orang lain. Jangan sampai kehadiranmu justru membuat masalah bagi orang lain.

(Dikutip dari buku “Kamu Emang Cantik Dech!”, Didik Hermawan)

Kata Mutiara :

Rasulullah pernah bersabda untuk mengingatkan kaum muslimin untuk tidak berandai – andai, menyesali kejadian yang telah lalu.

“Jika sesuatu telah menimpamu maka janganlah engkau sekali – sekali berkata, ‘seandainya aku melakukan begini atau begitu maka hasilnya (pasti0 begini.’ Akan tetapi katakanlah ‘Allah telah mentakdirkan demikian, dan apa yang Dia kehendaki maka Dia lakukan’.”


No comments:

Post a Comment