Saturday 29 September 2012

Negeri Para BedebahNegeri Para Bedebah by Tere Liye
My rating: 4 of 5 stars

novel ini merupakan novel pertama tere liye yang saya baca dan saya beli. Nggak nyesel beli buku ini, kenapa? karena ketebalannya, isinya dan harganya sesuai. hehehe.
awalnya tertarik dengan buku ini karena judulnya. "Negeri Para Bedebah", provokatif sekali bukan? dalam pikiran saya sudah ada banyak konflik dan tipu muslihat kehipokritan negeri ini yg tersaji dalam novel ini.
buat anda yang nggak suka ekonomi saya sarankan untuk membaca buku ini. Apakah di dalamnya tidak ada unsur tema ekonominya? bukan itu. justru di dalam buku ini semua masalah ekonomi dibeber dan diceritakan secara mendetail tanpa mengurangi esensi yg ingin disampaikan penulisnya. Jujur saja, saya orang yang tdk suka membaca atau membahas masalah ekonomi, kenapa? karena saya tidak paham dan akhirnya acuh pada masalah perekonomian. Namun di buku ini, Tere Liye (yg ternyata memang punya background pendidikan ekonomi salah satu universitas di negeri ini) mampu menghadirkan pemahaman tentang perekonomian negara dengan cara yang mudah. Ternyata sebuah tema yang sulit jika dibungkus dengan sastra hasilnya lebih mudah untuk dipahami, itu sih yang dapat saya simpulkan.
selain itu dari novel ini saya banyak mendapat pelajaran berharga yg bisa diterapkan dalam kehidupan : misalnya caranya menarik perhatian untuk dapat mengendalikan suasana yg chaos, trus tentang tips and trick menghadapi penjahat dan cara terbaik untuk kabur dan menyamar. keren sekali saya akui. seperti mengalami kejar - kejaran itu sendiri (karena tokoh utama diceritakan sebagai buron). Dengan halaman setebal itu, kala waktu hanya sekitar 2 - 3 hari dalam cerita. Well ini mengingatkan saya akan cerita robert Langdon dalam the davinci code.
yang jelas inti cerita dalam novel ini adalah refleksi dan juga sindiran dari dan untuk kehidupan bangsa ini yang telah dipenuhi oleh kehipokritan.
Awesome!

View all my reviews

2 comments: